Rabu, 01 Agustus 2012

Negara Maju dan Negara Berkembang

sesuai dengan catatan ips dan pengalaman saya di kelas tadi x_x

   tertarik sama soal IPS tentang negara maju&berkembang dari ibuk marlinawati tadi. nih banyaksoal2 ips disekolah tadi yang buat saya takjub. takjub bukan kenapa sih, gak nyangka soal nya mudah tapi definisi nya ternyata harus sesuai juga!

    hmm secara dasarnya, indikator terpenting untuk membedakan negara maju dan negara berkembang ada tiga. yaitu : pendapatan perkapita (tingkat ekonomi), tingkat kesehatan, dan tingkat pendidikan. ketiga indikator tersebut saling mempengaruhi. jika tingkat ekonomi rendah, maka tingkat kesehatan & pendidikan nya akan rendah juga. fikir aja nih : misalkan tingkat ekonomi kalian rendah, itu sangat mempersulit kalian untuk membeli makanan dan kebutuhan lain2 sehingga kalian sakit perut karena kelaparan, nah kelaparan termasuk kedalam tingkat kesehatan. kalau kalian kelaparan, apakah kalian bisa menangkap pelajaran di sekolah dengan baik? tentu tidak kan. sehingga tingkat pendidikan kalian rendah. jadi ketiga indikator tsb saling bergantungan

    dalam aspek kependudukan, terdapat ciri yang bertolak belakang antara negara maju dan negara berkembang, yaitu : jumlah penduduk, pertumbuhan penduduk, usia harapan hidup
, angka kelahiran dan angka kematian bayi.

    ciri-ciri negara maju :
- pendapatan perkapita tinggi
- pendidikan dan keterampilan penduduk tinggi
- tidak tergantung pada alam
- angka harapan hidup tinggi
- tingkat pertumbuhan penduduk rendah (0.1%pertahun)

    perlu diketahui, negara maju tidak bergantung pada alam karena sifat kesehatan, sifat pendidikan, dan sifat kemandiriannya tinggi. sehingga mereka bergantung pada teknologi yang telah ada. tetapi teknologi2 tersebut digunakan untuk memanfaatkan hasil alam (pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, pertambangan) untuk keperluan industri dan hasilnya akan di ekspor. Negara maju menerapkan tingkat teknologinya untuk menciptakan alat transportasi dan alat-alat elektronik. alat2 tersebut di ekspor sehingga menambah devisa negara.

    ciri-ciri negara berkembang :
- pendapatan perkapita relatif rendah
- sangat bergantung pada alam
- tingkat pertumbuhan penduduk tinggi
- pendidikan dan keterampilan penduduknya rata-rata rendah

    berbeda halnya dengan negara maju, negara berkembang sangat bergantung dengan alam, karena di sektor ekonominya menggunakan peralatan tradisional dari alam. misal : negara berkembang membajak sawah dengan bantuan kerbau. Negara berkembang melakukan kegiatan ekonomi (pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, pertambangan) tidak untuk di ekspor melainkan untuk kebutuhannya sendiri.

   mayoritas negara-negara maju berada di utara. pada umumnya, negara-negara maju mengandalkan bidang perindustrian.

    menurut saya, agar pembangunan ekonomi indonesia bisa berkembang cepat yaitu dengan mengurangi angka kelahiran (melakukan program KB). karena jika angka kelahiran tinggi, maka akan sangat bergantung pada pendapatan perkapita, tingkat kesehatan, dan tingkat pendidikan. serta dengan cara mengurangi angka pengangguran yaitu membuka lapangan kerja. negaraa berkembang juga perlu berkerja sama dengan negara lain agar bisa menjadi negara maju karena agar mendapat motivasi dan wawasan luas dari negara maju.

  cuma itu dulu yaa. capek nih ngetikny ;D . tunggu di entri selanjutnya ya nanti saya akan mempublikasikan tentang negara2 berkembang&maju di tiap2 benua. terimakasih semoga bermanfaat :)
problem? comment! no copas for other blogger :) follow @inachryamaretha thankyou ;)

4 komentar: